Tips Sehat Berpuasa Bagi Penderita Maag

By | June 25, 2015

Tips Sehat Berpuasa Bagi Penderita MaagBulan ramadhan bulan ampunan, rukun islam yang penuh dengan rahmat bulan yang suci. Sehingga semua orang muslim berlomba berpuasa, untuk mendapatkan ampunan dan ridho-NYA. Tetapi bagaimana dengan orang muslim yang memiliki penyakit maag? apakah menjadi halangan untuk tidak menjalankan puasa? Maka dalam artikel ini kami akan memberikan informasi tentang Tips Sehat Berpuasa Bagi Penderita Maag, jenis maag seperti apa yang dapat menjalankan puasa dan apa saja hal yang harus dijalankan agar lambung tetap sehat selama menjalankan ibadah puasa.

Jenis Penyakit Maag yang Bisa dan Sebaiknya Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan

Di dunia medis, maag terbagi menjadi dua bagian yaitu dispepsia organik dan fungsional. Sebelum melaksanakan ibadah puasa, sebaiknya periksakan terlebih dahulu kepada dokter bagaimana kondisi penyakit anda. Satu hal yang perlu di ketahui, jika and amengidap penyakit maag dispepsia organik atau kronis maka anda tidak diperbolehkan untuk berpuasa.

Jika anda penderita maag kronis, gastric health tablet bisa membantu anda. Klik obatasamlambung.co.id untuk informasi selengkapnya.

Maag organik memiliki kelainan pada lambung, seperti GERD (asam lambung tinggi), polip dan kanker. Sedangkan maag fungsional adalah mereka yang tidak teratur dalam mengkonsumsi makanan, pola makan yang buruk, terlalu banyak minum kopi, makanan berlemak dan minuman bersoda yang sama sekali tidak memiliki kerusakan berarti di dalam lambung.

Makanan sehat untuk maag saat sahur dan berbuka :

  • Pada saat waktu sahur, pilih makanan yang dapat di cerna dengan lambat. Tujuannya agar rasa kenyang dapat bertahan lebih lama
  • Saat berbuka, makanlah dengan porsi yang kecil. Sedikit-sedikit, apabila masih merasakan lapar, anda dapat makan kembali sepulang tarawih.
  • Makan juga jenis makanan yang memiliki kandungan serat, kalium, karbohidrat dan magnesium. Contohnya seperti kurma dan kacang almond, serta buah pisang. Ini bagus untuk kondisi tubuh ketika anda berpuasa, dan satu lagi jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan air untuk tubuh dengan minum air putih sesuai kebutuhan tubuh anda

Pantangan makanan maag saat sahur dan berbuka:

  • Jangan makan makanan berlemak, terlalu manis, pedas, sulit dicerna, gorengan dan mengandung rasa asam. Jenis makanan ini menjadi penyebab terjadinya penyakit maag dan dapat membuat maag anda kambuh jika di konsumsi saat waktu berbuka ataupun sahur
  • Jangan konsumsi jenis minuman yang mengandung kafein seperti kopi, soda juga termasuk minuman yang jangan di konsumsi karena dapat memicu kambuhnya penyakit maag anda saat berpuasa. Minuman ini selain tidak sehat bagi anda, juga dapat beresiko terjadinya dehidrasi

Menu Makan yang Menyehatkan Saat Sahur dan Berbuka Bagi Penderita Maag

Menu makan yang sehat saat sahur dan berbuka bagi penderita maagAnda pasti mencari-cari informasi tentang apa sih menu makan yang pas untuk penderita penyakit maag? kok kayanya semua situs hanya menyarankan makan kurma dan pisan serta jenis buah buahan lainnya. Sebenarnya tidak ada makanan khusus yang harus di konsumsi, kita hanya harus menghindari makanan penyebabnya dan mengkonsumsi makanan yang dapat mendukung agar kondisi lambung kita tetap sehat saat puasa.

Menu makanan sudah jelas hindari yang digoreng, mengandung lemak, asam dan pedas. Serta minuman yang mengandung kafein juga jangan dikonsumsi seperti minuman bersoda dan kopi. Anda hanya tinggal memilih makanan yang anda sukai yang tidak memiliki sifat seperti yang disebutkan tadi dan mencukupi kebutuhan air dengan konsumsi air putih sesuai kebutuhan. Ada banyak makanan yang bisa anda pilih untuk menemani nasi, seperti tahu tempe, sayuran serta masih banyak lagi. Ini berarti anda hanya perlu mengerti, bahwa penderita penyakit maag memiliki pantangan yang harus di hindari bahkan jangan konsumsi sama sekali. Untuk meningkatkan kesehatan lambung, dan tetap bisa berpuasa.

Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa 🙂

Leave a Reply