Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia

By | August 24, 2016

Obat Asam Lambung – Salah satu ciri makhluk hidup adalah memerlukan makan. Makanan yang telah dimakan akan diuraian dalam sistem pencernaan menjadi sumber energi, komponen penyusun sel dan jaringan, dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sistem pencernaan itu sendiri dimulai dari mulut dan berakhir pada anus dimana limbah akan dikeluarkan. Adapun organ-organ lainnya memiliki masing-masing peran mereka sendiri.

Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia

 

Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia dari Mulut hingga Anus

Pencernaan adalah sebuah proses metabolisme di mana suatu makhluk hidup memproses sebuah zat, dalam rangka untuk mengubah secara kimia atau mekanik sesuatu zat menjadi nutrisi. Dibutuhkan rata-rata 24 sampai 48 jam untuk makanan menyelesaikan seluruh perjalanan di jalur sistem pencernaan. Bakteri, virus dan jumlah berlebihan makanan non-gizi dapat mengubah fungsi sistem pencernaan. Ketidakseimbangan dalam produksi bahan kimia pencernaan juga bisa mengganggu fungsi pencernaan dan dapat mempercepat atau memperlambat pembuangan sampah. Berikut simaklah sistem pencernaan manusia lainnya:

  1. Mulut merupakan saluran pertama yang dilalui makanan. Pada mulut terdapat bagian yang memiliki fungsi berbeda-beda, yaitu:
    a) Gigi yang memiliki fungsi memotong, mengoyak dan menggiling makanan menjadi partikel-partikel yang kecil.
    b) Lalu lidah berperan mengatur letak makanan di dalam mulut serta mengecap rasa makanan.
    c) Ada 3 kelenjar ludah pada rongga mulut. Ketiga kelenjar ludah tersebut menghasilkan ludah setiap harinya sekitar 1 sampai 2,5 liter ludah. Kandungan ludah pada manusia adalah : air, mucus, enzim amilase, zat antibakteri, dll. Fungsi ludah adalah melumasi rongga mulut serta mencerna karbohidrat menjadi disakarida.

  2. Kerongkongan atau esofagus adalah bagian dari sistem pencernaan yang mengarah dari mulut ke perut. Kadang-kadang disebut tenggorokan, itu adalah lorong berotot yang dimulai pada tenggorokan, atau faring. Fungsi utama esofagus adalah untuk membawa makanan yang tertelan dan cairan ke perut. Ketika seseorang makan atau minum dan menelan, sfingter di bagian atas esofagus, yang biasanya tertutup, terbuka dan memungkinkan material untuk melewati.

  3. Lambung adalah sebuah organ yang bentuknya menyerupai kantong besar yang letaknya di bagian atas rongga perut sebelah kiri dibawah sekat rongga badan yang memiliki fungsi untuk menyimpan makanan sementara. Akan tetapi, jika lambung sudah terluka atau sudah terserang bakteri, maka organ ini tidak akan bekerja atau berfungsi dengan baik dan tentunya akan menimbulkan berbagai penyakit didalam tubuh. Untuk itu, jagalah kesehatan lambung Anda mulai dari sejak dini dengan mengetahui cara menjaga kesehatan lambung.

  4. Usus dua belas jari atau biasa di kenal dengan nama duodenum merupakan salah satu organ penting dari tubuh manusia. Usus ini termasuk dalam golongan usus halus. Letaknya berada di bawah lambung, dan di atas tulang pinggul. Keberadaaan usus 12 jari ini berguna untuk membantu mneghubungkan dengan usus kosong atau jejunum. Secara anatomi tulang manusia panjang dari usus 12 jari ini mencapai 25cm sampai dengan 38cm. Usus 12 jari merupakan salah satu bagian yang paling pendek dari usus halus. Perjalanannya bisa di mulai dar bulbo duodenale kemudian melaju terus sampai ligamentum treitz.

  5. Usus halus adalah tabung bengkok panjang yang membentang dari perut manusia ke tempat di mana ia melekat pada usus besar. Usus halus dipisahkan menjadi tiga bagian yang berbeda: duodenum, jejunum, dan ileum. Pekerjaan utama dari pencernaan terjadi pada usus halus, yang merupakan hal luar biasa adalah panjangnya sampai 21 meter. Usus halus memecah lemak, pati, dan protein menjadi asam lemak, gula sederhana, dan asam amino, yang kemudian dapat diserap.

  6. Usus besar dalah proses akhir dari saluran pencernaan. Usus besar terhubung pada usus kecil pada sekum, naik ke atas perut dan turun ke rektum. Usus kecil mengarah kedalam 5 usus kaki panjang yang akan berakhir dianus. Meskipun usus besar dan usus kecil memiliki peranan utama dalam melaksanakan pencernaan, namun keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Usus besar dapat dibagi menjadi 6 wilayah yang berbeda: Sekum, kolon transversum, kolon sigmoid, sekum, kolon desendens, rektum. Karena usus besar memiliki ukuran yang lebih lebar dibanding usus kecil.

  7. Rektum adalah bagian ujung dari sistem pencernaan di mana kotoran menumpuk tepat sebelum dibuang. Rektum menyambung dengan kolon sigmoid dan memanjang 13 sampai 15 cm ke anus. Selembar otot yang disebut diafragma panggul berjalan tegak lurus ke persimpangan rektum dan anus. Rektum mempertahankan penyempitan antara dua segmen dari usus besar juga merupakan bagian akhir dari usus besar yang mengarah ke lubang anus.

  8. Anus mempunyai bentuk berupa lubang yang merupakan bagian akhir dari rektum. Anus berfungsi sebagai tempat keluarnya kotoran ke lingkungan luar tubuh. Pembukaan lubang anus di atur oleh otot-ototnya, sehingga memungkinkan kita untuk menahan buang air besar disaat tertentu. Anus juga biasa disebut dengan dubur, cara membersihkannya adalah dari anus ke arah belakang, bukan dari anus ke arah kelamin karena ini berguna agar mikroorganisme di anus tidak menginfeksi alat kelamin.

Sistem pencernaan adalah sistem organ dalam multisel yang menerima makanan, mencernanya menjadi energi dan nutrien, serta mengeluarkan sisa proses tersebut melalui dubur. Saluran pencernaan mencerna makanan, memecah nya menjadi bagian yang lebih kecil dan menyerap bagian tersebut menuju pembuluh darah. Kelenjar pencernaan tambahan akan memproduksi sekret yang berkontribusi dalam pemecahan bahan makanan.

Leave a Reply