Penyebab Sakit Perut Setelah Makan

By | September 7, 2016

Obat Asam Lambung – Gangguan pada lambung atau yang lebih sering disebut dengan GERD, biasanya menyebabkan mual serta rasa sakit di ulu hati dan dada. Itupun tidak mengenal waktu dan tempat, contohnya ketika kelaparan, setelah makan, bersantai, bekerja, olahraga dan lainnya. Untuk gangguan berupa sakit perut setelah makan itu dapat disebabkan oleh makanan yang dimakan atau juga bisa dengan adanya gangguan pada pencernaan yang membuat sulit untuk mencerna makanan dengan baik.

Penyebab Sakit Perut Setelah Makan

Penyebab Timbulnya Rasa Sakit di Perut Setelah Makan

GERD yang terjadi setelah makan merupakan kondisi yang sering terjadi pada setiap orang. Kondisi seperti ini ditandai dengan nyeri yang parah atau ringan di sisi kiri atau kanan perut. Gangguan ini juga disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya:

  1. Anda mungkin mengalami sakit perut yang intens setelah makan makanan yang memicu reaksi alergi. Contohnya seperti kerang, kacang tanah dan telur.
  2. Keracunan makanan juga bisa memicu timbulnya rasa sakit di perut. Jika ini adalah penyebabnya, anda akan mengalami sakit perut yang tajam segera setelah makan.
  3. Maag adalah penyebab umum lain. Anda dapat menghindarinya dengan mengkonsumsi makanan yang dapat mencegah maag, serta mengubah gaya hidup.
  4. Ketika sudah berhari-hari tidak buang air besar, seseorang bisa saja mengalami pengerasan feses (konstipasi/sembelit) yang dapat memberikan tekanan yang menyakitkan pada saluran pencernaan. Apalagi ketika tekanannya bertambah stelah makan, maka sakit perut akan terasa lebih sakit sesudah makan.
  5. Sakit perut atau kembung setelah makan bisa terjadi akibat reaksi kimia antara cairan tubuh dan berbagai mikroorganisme yang hadir dalam makanan. Tubuh berusaha membuang bakteri berbahaya untuk menghindari infeksi. Itu sebabnya, mengapa kadang-kadang seseorang mengalami muntah setelah makan.
  6. Seseorang yang menderita batu empedu akan mengalami rasa sakit di perut sekaligus nyeri punggung. Akibat batu empedu, aliran empedu pada saluran empedu akan terhambat sehingga menyebabkan sakit luar biasa. Rasa sakit bisa berlangsung beberapa menit hingga selama berjam-jam.
  7. Jika ada sumbatan pada usus halus atau usus besar, maka dapat mencegah lewatnya makanan. Sumbatan itu sendiri dapat disebabkan makanan yang tidak dapat dicerna, perlengketan usus, tumor atau hernia. Gejala yang sering muncul bisanya berupa sakit perut kram setelah makan besar dan terkdang disertai berak encer atau mencret.
  8. Intoleransi Laktosa merupakan alergi terhadap produk susu, dimana sistem pencernaan seseorang tidak dapat mencerna makanan yang mengandung laktosa atau gula susu. Sehingga akan timbul sakit perut setelah makan makanan seperti susu, yogurt, es krim atau keju lunak.
  9. Pankreas juga bisa meradang, nyeri yang dirasakan pada seluruh perut atau di daerah perut bagian atas sekitar 8–12 jam setelah makan bisa disebabkan karena pankreatitis.
  10. Perut merupakan salah satu tempat tinggal favorit parasit yang memicu berbagai gangguan pencernaan termasuk sakit perut. Salah satu penyebab infeksi perut paling umum adalah cacing perut.
  11. Terlalu banyak makan, atau makan terlalu cepat sering menyebabkan sakit perut. Selain itu, jika anda membiarkan perut kosong untuk waktu yang lama dan kemudian langsung makan dalam jumlah yang banyak, dapat menyebabkan sakit perut.
  12. Candidiasis yang juga dikenal sebagai infeksi jamur adalah penyebab lain nyeri perut. Perut memiliki beberapa bakteri baik yang membantu proses pencernaan yang bisa mati akibat candidiasis. Hilangnya bakteri baik menimbulkan masalah pencernaan yang memicu sakit perut.
  13. Kanker lambung, kanker perut, kanker kerongkongan dan sebagainya adalah semua kondisi yang menyebabkan nyeri di daerah perut.

Bagi Anda yang belum mengalami gangguan kondisi seperti ini, maka makanlah secara teratur, jangan makan buru-buru, jangan langsung mengkonsumsi sekaligus terlalu banyak, serta beri jeda 2-3 jam antara makan da tidur. Semoga artikel kali ini bermanfaat. Dan bagi Anda yang masih bingung tentang jenis buah yang baik untuk penderita asam lambung, Anda bisa membaca di artikel lainnya: Manfaat Buah Pisang bagi Penderita Asam Lambung Tinggi

Leave a Reply