Penyakit Lambung

By | September 12, 2015

Mengenal penyakit lambung yang sering muncul di tengah tengah masyarakat, merupakan salah satu upaya juga untuk pencegahan. Jika kita tahu tentang penyebab penyakit lambung dan penyakit apa sajakah yang paling sering menyerang lambung, tentunya kita akan lebih banyak berbuat untuk tetap menjaga kesehatan lambung kita.

Lambung adalah tempat dimana makanan yang kita konsumsi dicerna, semua jenis makanan dan minuman. Penting bagi kita untuk menjaga lambung agar tetap sehat, jika lambung mengalami gangguan, maka proses pencernaan makanan juga akan sama terganggu. Di bawah ini adalah beberapa penyakit yang sering menyerang lambung:

Mengenal Penyakit Yang Sering Menyerang Lambung

Penyakit Yang Sering Menyerang Lambung

Jenis-Jenis Penyakit Lambung

Yang pertama sering muncul adalah penyakit MAAG, dalam bahasa medis dikenal dengan nama gastritis. Adalah sejenis peradangan pada lambung yang diakibatkan oleh pola makan, minuman mengandung alkohol, obat antiinflamasi dan masih banyak lagi. MAAG, begitulah masyarakat luas menyebutnya, sering menimbulkan gejala seperti mual, nyeri pada lambung, kadang akan terasa sensasi seperti terbakar di perut, sering bersendawa dan ada juga ditemukan penyakit maag yang bergejala muntah. Maag mengakibatkan tumbunya bakteri pada lambung, sehingga menimbulkan gangguan. Salah satu solusinya adalah dengan memperhatikan pola makan, tidak mengkonsumsi makanan pedas, asam, apalagi yang mengandung alkohol. Berhenti merokok, lalu berobat!

Yang kedua, penyakit yang sering muncul menyerang lambung adalah asam lambung tinggi. Begitulah orang-orang mengenal penyakit ini, atau ada juga yang menamai penyakit ini “kadar asam lambung tinggi atau asam lambung naik”. Penyakit ini dalam bahasa medis adalah GERD, singkatan dari Gastro Esophagel Reflux Disease. Yaitu merupakan penyakit dimana kadar asam lambung yang normal menjadi tinggi atau meningkat, karena beberapa faktor. Beberapa penyebabnya adalah: obesitas, makanan dan obat-obatan tertentu. Baca selengkapnya di → penyebab asam lambung tinggi Untuk solusi pengobatan asam lambung tinggi ini ada banyak cara, diantaranya melakukan pengobatan alami dengan herbal dan dengan obat dokter, lalu ubah gaya hidup dan pola makan agar menyehatkan lambung dan menjaga kadar asam lambung tetap normal.

Yang ketiga, Dispepsia. Pernah kami tulisan pada artikel sebelumnya, silahkan anda baca klik → obat dispepsia. Yaitu penyakit lambung yang menimbulkan gejala seperti nyeri ulu hati, mual, perut kembung, sebah, bersendawa, cepat merasa kenyang, semua tentang ketidaknyamanan pada perut. Dispepsia adalah kondisi dimana pencernaan jelek, terbagi menjadi dua bagian, yaitu organik dan non organik. Gastritis dan kanker lambung sering termasuk kepada organik dispepsia, sedangkan non organik adalah sekumpulan kondisi yang menimbulkan gejala-gejala seperti nyeri ulu hati, perut kembung, mual dan cepat kenyang. Solusinya bisa dengan obat, dan mengatur kembali pola makan.

Tiga penyakit lambung tersebut adalah yang paling sering di temukan di tengah tengah masyarakat yang buruk dari segi pola makan. Mahasiswa/i, pekerja kantoran dan tidak terkecuali juga banyak orang yang sering telat makan, atau konsumsi makanan kurang sehat sering mengalami penyakit-penyakit yang di sebutkan diatas. Bagi kita yang belum mengalami penyakit-penyakit diatas, sebaiknya mulai memperbaiki pola makan, buah dan sayur lebih baik daripada konsumsi minuman beralkohol, makanan pedas ataupun asam. Jagalah kesehatan lambung, mencegah lebih baik mengobati. Salam sehat!

Leave a Reply