Manfaat Mentimun Untuk Asam Lambung Tinggi

By | September 28, 2017

Manfaat mentimun untuk asam lambung tinggi – Setiap orang pasti sudah tahu tanaman mentimun, tanaman ini merupakan jenis labu-labuan (cucurbitaceae) yang lebih banyak dimanfaatkan untuk dijadikan sayuran serta lalaban. Mentimun atau ketimun merupakan tanaman yang berasal dari Cina yang kemudian menyebar ke seluruh belahan dunia. Ketimun memiliki warna hijau dengan bentuk memanjang seperti torpedo dan dagingnya mengandung banyak air. Mentimun mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, khususnya untuk kecantikan, karena bisa membuat kulit menjadi sehat, putih, mulus serta kenyal.

Tidak hanya itu, ternyata mentimun juga mempunyai manfaat untuk mengatasi asam lambung tinggi. Mentimun dapat Anda manfaatkan untuk mengatasi asam lambung tinggi yang Anda alami. Mentimun memiliki sifat mendinginkan lambung karena mengandung banyak cairan. Untuk Anda yang penasaran akan manfaat mentmun untuk asam lambung, mari kita simak ulasannya berikut ini.

Manfaat Mentimun Untuk Asam lambung

Manfaat Mentimun Untuk Asam Lambung Tinggi

Sebelum membahas lebih lanjut, kita bahas sedikit tentang penyakit asam lambung. Asam lambung merupakan cairan asam yang dihasilkan oleh lambung untuk memproses makanan didalam lambung. Namun jika jumlahnya berlebihan makan cairan asam lambung dapat naik ke kerongkongan dan menimbulkan gejala seperti nyeri ulu hati seperti sara terbakar di dada. Penyakit asam lambung kebanyakan disebabkan oleh LES yang tidak berfungsi secara normal.

LES adalah otot yang menghubungkan antara lambung dan kerongkongan yang berfungsi sebagai pintu otomatis yang terbuka secara otomatis ketika ada makanan yang masuk kelambung dan akan tertutup jika tidak ada makanan yang masuk. Namun jika LES tidak berfungsi secara normal maka cairan serta makanan dapat naik kembali ke kerongkongan yang menyebabkan penyakit asam lambung tinggi.

Baca Juga : Manfaat Air Kelapa Muda Mengatasi Asam Lambung

Kandungan Nutrisi Mentimun

Di dalam mentimun terdapat berbagai macam nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan, diantaranya serat, karbohidrat, protein, asam folat, lemak, zat besi, calsium, magnesium, fosfor, zinc, potasium, Vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, C, E dan Vitamin K. Kandungan nutrisi tersebut dapat membantu mengatasi masalah asam lambung. Tips memilih mentimun yang baik adalah mentimun yang masih berwarna hijau pekat dan muda. Karena mentimun yang masih muda banyak mengandung air dan serat.

Serat dan kandungan lainnya yang terdapat pada mentimun bisa meredakan panas dalam dan mengurangi rasa nyeri akibat kelebihan asam lambung. Bagian dalam dan kulit mentimun dapat mencegah terjadinya gangguan pencernaan yang terjadi akibat detoksifikasi pada usus serta dapat menetralkan asam lambung yang berlebihan.

Untuk memanfaatkan mentimun sebagai pereda asam lambung tinggi, Anda dapat mengolah mentimun menjadi berbagai macam masakan seperti sup mentimun, acar mentimun, ditumis, atau dijus, atau juga dimakan langsung dan dijadikan sebagai lalaban terserah selera Anda. Mentimun juga dapat mencegah dehidrasi karena mengandung banyak air.

Itulah ulasan singkat mengenai manfaat mentimun untuk asam lambung tinggi, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawsan Anda tentang kesehatan. Anda perlu mencoba atasi masalah asam lambung Anda dengan mentimun.

| Manfaat Mentimun Untuk Asam Lambung Tinggi

Baca Juga : Manfaat Buah Alpukat Untuk Penyakit Asam Lambung

One thought on “Manfaat Mentimun Untuk Asam Lambung Tinggi

  1. Pingback: Manfaat Lidah Buaya Untuk Asam Lambung - Obat Asam Lambung

Leave a Reply