Manfaat Lempuyang Untuk Asam Lambung

By | December 12, 2017

Manfaat lempuyang untuk asam lambung – Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tenatang manfaat kunyit untuk asam lambung. Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang manfaat dari sodara si kunyit yaitu lempuyang yang juga mempunyai manfaat yang baik untuk mengatasi masalah asam lambung dan juga penyakit maag.

Lempuyang adalah salah satu tanaman rempah yang sudah banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Lempuyang mempunyai bentuk seperti jahe dan lengkuas, umbi yang berbentuk ruas-ruas. Tanaman ini merupakan tanaman umbi yang masuk ke dalam genus zingiber dengan nama latin adalah zingiber zerumbet. Ada tiga jenis lempuyang, yaitu lempuyang wangi, lempuyang pahit dan lempuyang gajah.

Manfaat Lempuyang Untuk Asam Lambung

Manfaat Lempuyang Untuk Asam Lambung

 

Lempunyang mempunyai manfaat yang sangat baik untuk mengatasi berbagai macam penyakit serta mempunyai kandungan yang cukup lengkap untuk tubuh. Oleh karena itulah lempuyang banyak dijadikan ramuan tradisional untuk penyembuhan penyakit. Salah satu penyakit yang dapat disembuhkan adalah penyakit maag dan gangguan asam lambung naik.

Lempuyang mengandung 60% pati, selebihnya adalah minyak atsiri seperti gingerol, kariofilen, zingeron, zerumbon, flavonoid, limonene, parazol, zingiberen, prostaglandin, seskifelandren, saponin dan mengandung serat alami. lempuyang mempunyai efek farmatologis yang bersifat antifiretik atau analgesik berguna untuk menekan prostaglandin dan anti-inflamasi untuk meredakan peradangan pada lambung.

Rimpangnya bersifat anti-inflammatory dan antipriliferasi yang mampu membatu meringankan gejala maag. Selain itu, senyawa tersebut bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Baca Juga : Obat Asam Lambung Qnc Jelly Gamat

Cara Mengolah Lempuyang Untuk Asam Lambung

Untuk membuat ramuan lempuyang untuk asam lambung sebaiknya pilih jenis lempuyang gajah. Lepuyang jenis ini mempunyai ciri rimpang yang agak pedas dan pahit seperti menthol serta bentuknya agak bulat atau pipih dengan daging yang berwarna kekuningan.

Lempunyang gajah dapat membantu menetralkan asam lambung karena mempunyai sifat yang dingin. Sama seperti jenis lainnya, jenis ini juga mempunayi sifat analgesik dan antipiretik yang dapat membantu menghambat peradangan.

Cara membuat ramuannya cukup mudah, untuk Anda yang ingin mengetahuinya, yuk simak langkah pembuatannya dibawah ini:

  • Siapkan beberapa ruas lempuyang gajah secukupnya.
  • Cuci lempuyang hingga bersih dan kupas kulitnya.
  • Setelah itu, memarkan lempuyang tersebut kemudian rebus dengan air secukupnya sampai mendidih.
  • Setelah rebusan mendidih, angkat dan dinginkan air rebusan.
  • Bila sudah dingin, Anda bisa meminumnya. Anda juga bisa menambahkan pemanis seperti madu atau gula aren, tergantung selera Anda.

Itulah pembahasan singkat mengenai manfaat lempuyang untuk asam lambung. Anda bisa menjadikan ramuan tradisional dari tanaman lempuyang sebagai salah satu alternatif untuk mengobatati keluhan asam lambung Anda. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait :
Manfaat Gula Aren Untuk Asam Lambung
Manfaat Ikan Gabus Untuk Asam Lambung

Sponsor BY
Qnc Jelly Gamat Sponsor

| Manfaat Lempuyang Untuk Asam Lambung

Leave a Reply