Manfaat Kunyit Untuk Asam Lambung

By | December 1, 2017

Manfaat kunyit untuk asam lambung – Kunyit (Curcuma longa Linn) adalah salah satu tanaman rempah-rempah dan juga sebagai tanaman yang banyak dimanfaatkan untuk membuat ramuan tradisional. Kunyit memiliki segudan manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya bermanfaat untuk menetralkan kadar asam lambung tinggi. Di Indonesia, kunyit sangat mudah dijumpai dan banyak dijual di parasan serta tidak jarang juga ditanam dipekarangan rumah.

Asam lambung naik merupakan suatu kondisi yang perlu mendapatkan penanganan dan tidak boleh disepelekan. Pengobatan alami menggunakan kunyit bisa Anda gunakan sebagai salah satu pengobatan alternatifnya. Gejala umum dari asam lambung naik diantaranya mual, rasa sakit pada ulu hati, perut kembung, bau mulut, rasa panas diperut, dll. Tidak jarang kambuhnya asam lambung tinggi dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Maka dari itu, perlu penanganan yang tepat dan cepat.

Manfaat Kunyit Untuk Asam Lambung

Manfaat Kunyit Untuk Asam Lambung

Kunyit mengandung senyawa anti-inflamasi dan antioksidan yang baik untuk kesehatan pencernaan. Selain itu, kunyit juga mengandung kurkumin yang berfungsi sebagai antivirus, antibakteri dan antikanker. Curcumin juga berfungsi untuk mencegah dan meringankan gejala asam lambung naik.

Alkaloid kurkumin yang terdapat dalam kunyit berguna sebagai antiseptik alami untuk merangsang dinding empedu untuk mensekresikan empedu. Sehingga sistem pencernaan berfungsi secara optimal.

Sebuah penelitian pernah dilakukan terhadap kunyit. Hasilnya mengungkapkan bahwa efek antiinflamasi dari kurkumin dapat mencegah peradangan esofagus dan menyembuhkan GERD. Sehingga kunyit bisa dijadikan alternafit untuk mengobati masalah asam lambung naik dan juga penyakit maag secara alami.

Baca Juga : Manfaat Ikan Gabus Untuk Asam Lambung

Cara Membuat Ramuan Kunyit Untuk Asam Lambung

Cara mengolah kunyit untuk dijadikan ramuan tradisional cukup mudah. Anda hanya perlu menyediakan kunyit beberapa rimpang, kemuidan potong-potong. Setelah itu rebus menggunakan air sebanyak 2 gelas, tunggu hingga mendidih. Setelah itu saring dan tambahkan madu atau gula merah sesuia selera Anda. Minum secara rutin tiga kali sehari.

Selain dengan cara direbus, Anda juga bisa mengolah dengan cara menghaluskan kunyit tersebut dengan cara ditumbuk atau diparut. Kemudian jemur kunyit yang sudah dihaluskan sampai kering hingga menjadi bubuk kunyit. Cara membuat ramuannya Anda hanya perlu menyeduh satu sendok bubuk kunyit tersebut. Ditambah madu atau gula merah dan diminum secara teratur.

Itulah pembahasan singkat mengenai manfaat kunyit untuk asam lambung. Selain untuk mengatasi penyakit asam lambung, kunyit juga banyak dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit maag, meredakan nyeri arthritis, mengatur menstruasi, meningkatkan fungsi perncernaan dan hati. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

| Manfaat Kunyit Untuk Asam Lambung

Sponsor BY

One thought on “Manfaat Kunyit Untuk Asam Lambung

  1. Pingback: Manfaat Lempuyang Untuk Asam Lambung - Obat Asam Lambung

Leave a Reply