Manfaat Kayu Secang Untuk Asam Lambung

By | November 7, 2017

Manfaat kayu secang untuk asam lambung – Khasiat kayu secang sudah lama dimanfaatkan sebagi pengobatan untuk berbagai macam penyakit secara alami. Salah satu manfaatnya adalah untuk mengatasi masalah pada lambung seperti penyakit maag dan asam lambung. Kayu secang umumnya diolah menjadi minuman tradisional untuk dapat memikmati manfaatnya. Di beberapa daerah di Indonesia kayu secang banyak digunakan sebagai campuran minuman kesehatan.

Nama latin dari tumbuhan ini disebut dengan Caesalpia sappan L dinama sering tumbuh ditempat terbuka dengan ketinggian 1000 mdpl. Umumnya tumbuh di daerah pengunungan yang berbatu dengan suhu yang normal. Tidak jarang juga kayu secang ditanam dipekarangan rumah sebagai pagar ataupun pembatas kebun. pada artikel kali ini akan dibahas tentang manfaat kayu secang untuk asam lambung.

Manfaat Kayu Secang Untuk Asam Lambung

Manfaat Kayu Secang Untuk Asam Lambung

Pohon secang merupakan pohon perdu yang berukuran kecil memiliki tinggi sekitar 5-10 meter, batang serta cabangnya memiliki duri, batang bulat berwarna hijau kecoklatan. Daun majemuk menyirip ganda, panjangnya 25-40 cm dengan jumlah anak daun 10-20 pasang yang letaknya berhadap-hadapan. Pohon secang memiliki bunga yang disebut bunga majemuk yang berupa malai, keluar dari ujung tangkai dengan panjang 10-40 cm. Mahkota bentuk tabung serta berwarna kuning.

kayu secang mengandung berbagai macam kandungan, seperti tanin, asam galat, resin, resorsin, brasilin, brasilein, d-alfa-phellandrene, oscimene, minyak atsiri. Berbagai kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam penyakit termasuk menetralkan asam lambung serta mengobati penyakit maag.

kayu secang sudah lama dipercaya bermanfaat sebagai anti-bakteri dan anti-koagulasi dan anti-penggumpalan. Kandungan tersebut bisa digunakan untuk obat herbal alami penghenti pendarahan, pembersih darah, penawar racun dan obat anti seftik alami pada tubuh. Selain itu, ternyata kandungan anti bakteri pada kayu secang mampu mengatasi gejala penyakit maag, dengan zat senyawa alami anti bakteri akktif mampu membunuh kuman atau virus helicobacter pylori yang menjadi penyebab utama terjadinya penyakit maag. Kandungan yang terdapat pada kayu secang ini juga baik dalam mengobati diare berlebih, batuk, dan dapat menyembuhkan luka.

Cara Mengolah Kayu Secang Untuk Asam Lambung

Ambil 5 gram kayu secang kering lalu potong kecil-kecil, kemudian rebus dengan dua gelas air kurang lebih selama 15 menit. Lalu saring air hasil rebusannya dan minum selagi masih hangat. Di daerah Yogyakarta banyak dijumpai minuman olahan dari kayu secang. Bagi Anda yang tiggal disana pasti sudah tidak asing lagi.

Itulah pembahasan singkat dari manfaar kayu secang untuk mengatasi gangguan asam lambung. Semoga dapat bermanfaat dan bisa dijadikan salah satu alternatif untuk mengobati penyakit maag dan asam lambung. Masih banyak manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan dari bahan alami untuk asam lambung. Anda bisa lihat artikelnya disini.

Baca Juga : Manfaat Daun Kelor Untuk Asam Lambung

Leave a Reply