Manfaat Ikan Gabus Untuk Asam Lambung

By | October 12, 2017

Manfaat ikan gabus untuk asam lambung – Ikan gabus atau ikan yang bernama ilmiah disebut Channa striata. Merupakan jenis ikan predator yang hidup di air tawar. Ikan gabus bisa tumbuh hingga mencapai panjang 1 meter dan bekepala besar agak gepeng mirip kepala ular sehingga disebut juga snakedead dalam bahasa inggris. Bentuk tubuh bulat gilig memanjang, seperti peluru kendali. Sirip punggung memanjang dan sirip ekor membulat ujungnya.

Baca Juga : Obat Asam Lambung Naik Terbaik

Ikan gabus memiliki nilai ekonomi yang tinggi, biasanya diolah dengan cara diasinkan dan merupakan olahan ikan kering yang cukup mahal harganya. Ikan gabus merupakan sumber protein yang cukup tinggi yang baik untuk kesehatan tubuh, serta memiliki manfaat yang baik untuk mengatasi penyakit pada lambung seperti asam lambung dan maag.

Manfaat Ikan Gabus Untuk Asam Lambung

Manfaat Ikan Gabus Untuk Asam Lambung

Ikan gabus sangat kaya akan kandungan albumin, salah satu jenis protein penting. Albumin sangat diperlukan oleh tubuh serta dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Mengkonsumsi daging ikan gabus atau ekstrak proteinnya dipercaya dapat meningkatkan kadar albumin dalam darah. Sehingga bisa membantu menyembuhkan berbagai penyakit, contohnya meredakan asam lambung dan penyakit maag.

Kandungan albumin dalam ikan gabus berfungsi untuk memperbaiki peradangan dilambung serta memperbaiki jaringan yang rusak akibat peradangan yang disebabkan oleh makanan pedas. Selain itu, kandungan albumin juga baik untuk pasien pasca operasi dan baik juga untuk diet sehat keluarga.

Baca Juga : Obat Maag Akut dan Kronis Terbaik

Kandungan Gizi Ikan Gabus

Diungkapkan dalam penelitian Prof. Dr. Ir. Eddy Suprayitno, dari Universitas Brawijaya, Malang. Bahwa ikan gabus memiliki kandungan protein albumin tertinggi dibandingkan dengan sumber protein albumin dari ikan-ikan yang lain. Seperti ikan lele, ikan bandeng, ikan mas, ikan nila, dan lain-lain. Termasuk kadar protein ikan gabus juga tertinggi dibandingkan dengan bahan pangan yang selama ini dikenal sebagai sumber protein seperti telur, daging ayam, dan daging sapi.

Per 100 gram, kadar protein telur hanya 12,8 gram, daging ayam 18,2 gram, daging sapi 18,8 gram sedangkan ikan gabus mencapai 25,2 gram. Sangat jauh terpautnya. Nilai tambah ikan gabus yang lain adalah ikan ini memiliki nilai cerna yang sangat baik yakni mencapai lebih dari 90%. Selain itu protein kalogen ikan gabus juga lebih rendah dibanding dengan daging ternak. Sehingga menyebabkan tekstur daging ikan gabus lebih empuk dibanding dengan yang lain.

Artikel Terkait :
Manfaat Air Kelapa Muda Mengatasi Asam Lambung
Manfaat Lidah Buaya Untuk Asam Lambung

2 thoughts on “Manfaat Ikan Gabus Untuk Asam Lambung

  1. Pingback: Manfaat Pisang Kepok Untuk Asam Lambung Tinggi

  2. Pingback: Manfaat Kunyit Untuk Asam Lambung - Obat Asam Lambung

Leave a Reply