Manfaat Gambir Untuk Penderita Sakit Maag

By | July 20, 2017

Manfaat gambir untuk penderita sakit maag – Gambir merupakan tanaman yang sering digunakan getahnya untuk menyirih atau juga sering digunakan untuk penyamak kulit dan pewarna alami. Selain itu gambir baik untuk mengatasi sariawan dan memutihkan gigi serta baik untuk mengatasi sakit maag juga. Gambir mengandung katekin (catechin), yaitu suatu bahan alami yang bersifat antioksidan.

Tumbuhan yang bernama latin Uncaria gambir Roxb ini tumbuh setengah merambat berupa tumbuhan perdu dengan percabangan memanjang dan mendatar, batang menyegi empat dan mempunyai duri-duri melengkung seperti kait. Daun-daun tunggal, berhadapan, agak seperti kulit, oval hingga jorong lebar, pangkalnya membundar atau bentuk jantung, ujungnya meruncing, permukaan tidak berbulu (licin), dengan tangkai daun pendek. Bunganya tersusun majemuk dalam bongkol, mahkota berwarna merah muda atau hijau, kelopak bunga pendek, mahkota bunga berbentuk corong, benang sari lima. Buah berupa kapsula dengan dua ruang, berbiji banyak, bersayap, dan bertangkai hingga 20 mm.

Manfaat Gambir Untuk Penderita Sakit Maag

Manfaat Gambir Untuk Penderita Sakit Maag

Kali ini kita akan membasah mengenai manfaat gambir untuk mengatasi sakit maag secara alami. Namun sebelum membahas mengenai gambir, sebaiknya Anda baca dulu gejala maag kronis dan akut.

Jika sudah membaca gejala sakit maag kronis dan akut, langsung saja kita bahas mengenai manfaat dari gambir tersebut.

Apa Manfaat Gambir Untuk Sakit Maag?

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, Gambir merupakan sejenis getah yang sudah dikeringkan yang diperoleh dari ekstrak remasan daun dan ranting tumbuhan gambir (Uncaria gambir Roxb). Di Indonesia, gambir umumnya di gunakan untuk menyirih. Gambir mempunyai khasiat yang sangat baik untuk kesehatan karena mengandung kandungan kimia utama yaitu katekin yang berfungsi sebagai antioksidan, dalam bidang kesehatan gambir berkhasiat sebagai Astringen dan Hemostatik.

Menurut penelitian yang dilakukan Zulfandi pada tahun 1989, Farmasi, FMIPA, UNAND. Telah dilakukan uji mikrobiologi pada ekstrak daun dan ranting tanaman gambir terhadap beberapa bakteri penyebab diare secara in vitro. Dan hasilnya ternyata ekstrak daun gambir dan ranting nya dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab diare, serta getah gambir juga dapat digunakan untuk terapi pemulihan sakit Maag.

Sedangkan mengenai manfaat gambir untuk sakit maag, karena kandungan katekin yang terdapat dalam gambir merupakan zat unik karena berbeda dengan katekin yang terdapat dalam tanaman lain. Bersama dengan senyawa turunannya yang dihasilkan melalui proses oksidasi enzimatis berfungsi sebagai antioksidan kuat, anti radiasi, anti mutasi gen atau menghambat pertumbuhan sel kanker, anti tumor, menghambat peningkatan kolesterol, menstabilkan tekanan darah, menstabilkan kadar gula darah, anti mikroba atau anti infeksi (bakteri dan virus) serta mencegah penyakit lainnya.

Selain itu gambir juga mengandung sejumlah vitamin seperti vitamin B1, B2, vitamin C, vitamin E,  serta vitamin K dan senyawa lainnya seperti flavonoid, kafein, beta carotene, flouride, mangan, zinc, magnesium, selenium, calcium dan zat besi yang baik untuk penderita sakit maag serta kesehatan lambung.

Itulah penjelasan singkat mengenai manfaat dari gambir untuk penderita sakit maag. Saat ini sudah tersedia obat herbal yang telah terbukti ampuh untuk mengobati sakit maag kronis ataupun akut secara alami dan aman karena tidak mengandung efek samping berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Anda juga bisa menemukan informasi lengkap mengenai penyakit maag dan asam lambung pada website obatasamlambung.co.id.

Baca Juga : Manfaat Labu Kuning Untuk Penyakit Maag

| Manfaat Gambir Untuk Penderita Sakit Maag

Leave a Reply