Manfaat Daun Kelor Untuk Asam Lambung

By | October 24, 2017

Manfaat daun kelor untuk asam lambung – Tanaman kelor (Moringa oliefera) merupakan tumbuhan yang bisa tumbuh hingga 10-15 meter dengan diameter batang mencapai 45 cm. Pohon yang dalam bahasa inggris disebut dengan drumstick tree karena buahnya mirip dengan stik drum dengan panjang 15-20 cm. Tanaman kelor banyak dan mudah ditemui di negara-negara dengan iklim tropis dan subtropis seperti Indonesia.

Pohon kelor memiliki berbagai macam manfaat, salah satuya terletak pada daunnya yang dipercaya mempunyai khasiat dan manfaat yang baik untuk mengatasi masalah asam lambung. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai manfaat dari daun kelor yang bisa mengatasi asam lambung secara alami. Bagi Anda yang penasaran, yuk simak ulasannya dibawah ini.

Manfaat Daun Kelor Untuk Asam Lambung

Manfaat Daun Kelor Untuk Asam Lambung

Daun kelor adalah tipe daun majemuk yang mengandung nilai nutrisi dalam setiap 100 gram seperti vitamin A, vitamin B kompleks dan vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu, daun kelor juga mengandung mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh seperti magnesium, zat besi, kalsium, fosfor dan mangan. Kandungan zat besinya cukup tinggi, yaitu sekitar 31% dari AKG sehingga bisa digunakan sebagai suplemen untuk ibu hamil dan menyusui serta mencegah anemia. Manfaat daun kelor juga untuk mengurangi produksi asam lambung berlebihan.

Daun kelor mengandung antioksidan yang cukup baik, mengandung juga kandungan petroleum ether, acetone, dan methanol. Acetone memiliki potensi dengan penurunan resiko asam lambung sebesar 79%. Kandungan acetone ini meningkatkan regenerasi epitelium dinding lambung sehingga peradangan pada lambung lebih cepat terobati. Petroleum ether, acetone, dan methanol juga dapat meningkatkan kandungan kolagen yang sangat penting pada penyembuhan asam lambung.

Baca Juga :
Manfaat Rumput Laut Untuk Asam Lambung
Manfaat Buah Nanas Untuk Asam Lambung

Menurut sebuah penelitian para ahli mengungkapkan efektifitas daun kelor dapat mengurangi gejala dan meningkatkan prognosis dalam lambung. Kandungan antioksidannya memiliki peranan aktif dalam meningkatkan resistensi kapiler terhadap bakteri Hicobacter pylori. Meningkatkan daya tahan tubuh serta melapisi lambung dari bakteri yang dapat menyebabkan tukak lambung.

Penggunaan daun kelor dalam mengobatai asam lambung sudah lama digunakan dalam pengobatan tradisional. Selain asam lambung, daun kelor juga ampuh digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi penyakit maag, tukak lambung dan berbagai masalah pada lambung..

Itulah ulasan singkat mengenai manfaat yang dimiliki oleh daun kelor untuk mengatasi asam lambung. Semoba informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply