Manfaat Cuka Apel bagi Penderita Asam Lambung

By | August 20, 2016

Obat Asam Lambung – Penyakit asam lambung adalah suatu kondisi dimana asam lambung meningkat dan naik ke kerongkongan, sehingga timbul rasa panas dan tidak nyaman di dada, batuk, mulut terasa pahit, mual, muntah dan lainnya. Dan apabila asam lambung sedang kambuh, maka ingin segera di hilangkan pastinya, karena rasa sakit yang akan tidak tertahankan. Sedangkan untuk pengobatannya sendiri, dengan cara menghambat pengeluaran asam lambung, menetralisir asam lambung atau melindungi mukosa pada lambung.

Manfaat Cuka Apel bagi Penderita Asam Lambung

Manfaat Cuka Apel bagi Penderita Asam Lambung dan Cara Pembuatannya

Penderita penyakit asam lambung memang disarankan untuk lebih berhati-hati dalam memilih makanan atau mengatur jadwal makan agar tidak telat, karena asam lambung akan sering kambuh dan akan sulit untuk menghilangkannya. Pantagan bagi penderita penyakit asam lambung mungkin seperti makanan asam, pedas, berlemak, mengandung kafein dan alkohol. Namun, tidak semua makanan asam membahayakan penderita asam lambung termasuk lain halnya dengan buah apel.

Buah Apel memang memiliki kandungan rasa asam, namun kandungan tersebut merupakan asam dan enzim yang sehat untuk menetralkan asam lambung bagi tubuh. Begitu juga dengan cuka yang memang mengandung asam yang tinggi, namun apabila menggunakan cuka apel akan berbeda. Karena cuka apel terbuat dari apel murni sebagai bahan dasarnya sehingga tidak akan menyebabkan asam lambung naik dan akan bermanfaat sebaliknya yaitu untuk menurunkan. Menggunakan cuka apel sama halnya dengan menggunakan baking soda dengan mencampurnya di dalam air untuk diminum dan menurunkan asam lambung. Agar lebih aman dan terjangkau, cobalah untuk mengolahnya sendiri dengan cara tradisional, seperti:

  1. Sediakan beberapa buah apel segar, lalu cuci sampai bersih dan dalam keadaan utuh, kemudian keringkan.
  2. Setelah kering, potonglah buah apel tersebut tanpa harus mengupas kulitnya dan tanpa membuang bijinya.
  3. Potonglah dalam ukuran yang sedang.
  4. Simpan dalam wadah yang terbuat dari kaca, karena untuk menghindari reaksi bateri terhadap cuka apel.
  5. Tutup wadah kaca yang sudah di isi potongan apel tersebut dengan kain yang terbuat dari bahan katun.
  6. Simpanlah di tempat yang terlindung dan biarkan selama beberapa minggu sampai proses fermentasi terjadi secara sempurna.
  7. Apel yang sudah di fermentasikan tersebut akan berubah menjadi cairan dengan bau yang tajam serta memiliki rasa kuat.
  8. Dan cuka apel tersebut selesai dibuat dan siap digunakan.

Untuk hasil yang maksimal gunakan buah apel agar terhindar dari pestisida dan bahan kimia. Selain itu juga, cuka sari apel ini anti jamur dan anti bakteri, sehingga dapat mengatasi keluhan penyakit lainnya seperti:

  1. Reumatik.
  2. Menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi.
  3. Mengatasi kutil.
  4. Arthritis.
  5. Mengatasi iritasi pada kulit.
  6. Menyembuhkan luka.
  7. Membantu merawat kulit.
  8. Menghaluskan wajah dan kulit.
  9. Menyehatkan rambut.
  10. Mengatasi ketombe.
  11. Mengurangi rasa gatal pada rambut.
  12. Membuat rambut menjadi berkilau.
  13. Menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Nah, itulah beberapa manfaat dari cuka apel. Namun, jika Anda termasuk suka makan buah apel semacam ini, jangan mengkonsumsi apel terlalu berlebihan. Anda cukup makan satu butir buah apel setiap harinya tanpa dibuang kulitnya.

One thought on “Manfaat Cuka Apel bagi Penderita Asam Lambung

  1. dr. john berardi

    Thank you forr some othr magnificent article. Where else may
    just anyone get that kind of information in such an ideal approach of writing?
    I have a presentation newxt week, and I’m at
    the look for such information.

Leave a Reply