Makanan Yang Bisa Mencegah Nyeri Asam Lambung

By | January 2, 2017

Asam lambung yang sering dikaitkan dengan penyakit maag banyak dipercaya disebabkan oleh stres, padahal penyebabnya tidak hanya itu. Asam lambung tinggi tidak disebabkan secara langsung oleh stres, melainkan oleh bakteri bernama Helicobacter pylori. Inilah yang menyebabkan penderita asam lambung sering diberi obat antibiotik dan penekan asam oleh dokter

Selain mencegah asam lambung menggunakan obat-obatan, ada juga beberapa makanan yang bisa menekan bakteri penyebab asam lambung tadi. Selain aman dikonsumsi juga mudah dan murah, karena makanan tersebut biasa dijumpai dan sering dikonsumsi. Berikut beberapa makanan yang bisa membantu menyembuhkan dan mencegah asam lambung tinggi.

Makanan Yang Bisa Mencegah Nyeri Asam Lambung

1. Madu
Madu mampu membunuh bakteri. Rumah sakit dan klinik terkadang mengleskan madu pada luka bakar dan luka luar lainnya. Tidak hanya membunuh bakteri pada kulit, madu juga bisa membunuh bakteri H.pylori penyebab asam lambung tinggi. Penelitian terbaru menguji madu yang berasal dari bunga Manuka pada bakteri penyebab asamlambung. Madu mampu menekan perkembangbiakan bakteri. Cobalah Anda konsumsi madu satu sendok makan madu alami di pagi dan malam hari untuk menenangkan perut Anda. Karena bakteri H.pylori berkembangbiak dalam waktu lama, pastikan Anda tetap mengkonsumsi madu beberapa lama setelah gejala asam lambung hilang.

2. Sayuran Hijau
Brokoli, kembang kol, brussel sprouts dan kale bisa mencegah naiknya asam lambung. Sayur sayuran tersebut mengandung sulforaphane, senyawa yang bisa melawan bakteri H.pylori. Dalam sebuah percobaan, pasien yang positif memiliki bakteri H.pylori diminta untuk memakan setengah gelas brokoli dua kali sehari selama seminggu. 78% dari pasien tadi kemudian dites dan mendapatkan hasil negatif untuk bakteri H. pylori. Cobalah mengkonsumsi segelas sayur sayuran tadi setiap harinya. Tidak hanya sayuran tersebut yang bisa melawan asam lambung, tetapi bisa juga menyuplai vitamin C yang cukup untuk memenuhi dosis harian. Hal ini juga akan membantu Anda menyembuhkan gejala asam lambung.

Baca Juga : Manfaat Buah Pisang bagi Penderita Asam Lambung Tinggi

3. Kol
Para peneliti menilai, mungkin karena kol mengandung asam amino glutamin yang membuat sayuran ini efektif melawan asam lambung. Glutamin membantu memperkuat lapisan mucosal di dalam usus, dan meningkatkan aliran darah di perut. Keduah hal tadi tidak hanya mencegah nyeri asam lambung dan penyakit maag, tetapi juga mempercepat sembuhnya rasa sakit yang sudah ada. Makanlah dua gelas kol mentah setiap hari. Kalau suka, Anda juga bisa mengkonsumsi jus kol mentah. Minumlah sebotol sehari selama tiga minggu untuk lambung yang lebih baik.

4. Yogurt
Makanan seperti yogurt dan kefir memiliki bakteri baik yang bisa membunuh H.pylori dan bisa membuat nyeri asam lambung dan maag sembuh lebih cepat. Dalam sebuah percobaan, orang-orang yang meminum produk susu fermentasi seperti yogurt tiga kali seminggu lebih kecilkemungkinan terserang asam lambung. Konsumsi yogurt, kefir atau produk susu permentasi lainnya secangkir sehari. Hindari produk yang mengandung pemanis buatan atau yang tidak disertai bakteri aktif.

5. Makanan Berserat
Buah-buahan, sayuran atau gandum utuh memiliki kadar serat yang tinggi, Serta tidak hanya bisa memperlancar pencernaan, tapi juga bisa mencegah maag dan asam lambung. Penelitian mengungkapkan, sesorang yang mengkonsumsi diet tinggi serat memiliki risiko lebih kecil terkena asam lambung. Mengkonsumsi 25 sampai 35 gram serat setiap hari untuk mendapatkan menfaatnya.

Baca Juga : Makanan Sehat bagi Penderita Asam Lambung Tinggi

Mencegah penyakit asam lambung lebih baik dari pada harus mengobatinya. Pencegahan bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satu cara mencegah nyeri asam lambung adalah dengan mengkonsumsi makanan yang bisa mencegah nyeri asam lambung seperti yang sudah dijelaskan diatas. Namun jika nyeri asam lambung sudah terkanjur parah, segera periksakan kedokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut. Semoga Bermanfaat.

Leave a Reply