Makanan Sehat Penderita Asam Lambung

By | June 3, 2015

Setiap hari kita makan dan minum, karena tubuh kita memrlukan nutrisi dan vitamin untuk di jadikan energi dan lain sebagainya. Sehingga makan merupakan hal yang paling penting dalam menjaga kesehatan tubuh setiap harinya. Salah satu penyebab utama terjadinya asam lambung tinggi juga karena makan, yaitu mereka yang selalu terlambat makan dan terlalu banyak mengkonsumsi makanan tertentu yang memicu asam lambung tinggi

Pada artikel ini, saya akan berbagi informasi tentang jenis makanan sehat yang dapat membantu mencegah dan mengobati asam lambung tinggi. Tetapi sebelum beranjak membahas makanan, sebaiknya anda harus sudah membuat jadwal makan anda, jangan sampai terlambat makan apalagi setiap hari jadwal makan kita tidak beraturan. Silahkan atur jadwal makan anda sesuai kegiatan anda setiap harinya, yang penting tidak terlambat makan apalagi seharian tidak makan sama sekali. Sesudah itu, inilah beberapa makanan sehat yang dapat membantu mencegah dan mengobati asam lambung tinggi anda secara alami, aman dan tentunya mudah.

Makanan Untuk Asam Lambung Tinggi

Makanan Sehat Untuk Asam LambungTanpa kita sadari ternyata ada banyak makanan yang sehat bagi penderita asam lambung. Tentunya, jenis makanan ini sangat dianjurkan oleh pada dokter sebagai salah satu asupan nutrisi dan vitamin untuk membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan lambung. Makanan yang sehat itu tidak terlepas dari buah dan sayur, diantaranya adalah:

Pisang
Makan pisang selain rasanya enak juga bermanfaat untuk menyeimbangkan derajat keasaman lambung (pH). Manfaat tersebut berasal dari kalium yang terkandung di dalamnya, selain itu pisang juga mengandung potassium yang berkhasiat menormalkan tekanan darah.

Brokoli
Mengandung vitamin C, baik untuk kesehatan tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh. Konsumsi setiap hari, atau paling tidak dalam seminggu konsumsi sayuran brokoli ini dapat menyehatkan lambung. Brokoli mengandung kalium dan sulfur sebagai antioksidan yang dapat membantu melindungi lapisan kulit lambung.

Pepaya
Buah ini menyehatkan pencernaan, dianjurkan mengkonsumsi buah ini setelah makan dengan tujuan protein dalam makanan dapat di cerna dengan baik. Pepaya mengandung papain, yang dapat membantu meringankan penderita penyakit maag dan memperbaiki sistem pencernaan.

Kentang
Sayuran yang satu ini dikenal termasuk kedalam jenis makanan padat, yang mengenyangkan. Khasiatnya apabila kita mengkonsumsi kentang dapat menetralisir asam lambung serta dapat membantu meringankan penyakit maag. Kentang merupakan sumber karbihidrat yang menyehatkan.

Kubis
Mengandung glutamnin, vitamin C dan sumber asam amino yang dapat mengatasi tukak lambung. Konsumsi kubis dapat membantu memperbaiki sistem imun dan mencegah peradangan serta melawan radikal bebeas.

Selain sayur dan buah-buahan, ada juga makanan yang dapat membantu mencegah dan mengobati asam lambung tinggi. Jenis makanan tersebut adalah: Bubur Ayam, Sereal, Susu, Jintan Hitam (bumbu masak), Daging (tanpa lemak), Telur dan Air Putih. Pada dasarnya, untuk menghindari naiknya asam lambung tinggi itu dapat dengan tidak mengkonsumsi makanan penyebabnya, dan memilih makanan ini sebagai gantinya.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat 🙂

Leave a Reply