Makanan dan Minuman Pantangan Asam Lambung

By | August 23, 2016

Obat Asam Lambung – Asam lambung adalah suatu gejala maag dimana lambung terkena luka atau peradangan, karena pola makan yang tidak teratur dan bisa menyebabkan perih dan mual. Hal ini terjadi karena lambung memproduksi asam, untuk mencerna makanan dalam keadaan jadwal yang teratur.

Makanan dan Minuman Pantangan Asam Lambung

Makanan dan Minuman Pantangan Asam Lambung yang Harus Dihindari

Pada umumnya, terlambat untuk makan pada waktu yang tepat selalu disalahkan dan dianggap satu-satunya penyebab penyakit asam lambung. Namun, masalahnya adalah masyarakat awam tidak mengetahui bahwa ada lebih dari 300 obat di apotek yang mengandung zat-zat kimia seperti aspirin dan berprilaku seperti aspirin ketika masuk ke dalam lambung manusia. Karena alasan inilah penyakit asam lambung tidak pernah hilang dari mereka, karena mereka tidak pernah mengikuti program tepat pengobatan penyakit asam lambung. Mereka juga tidak mengetahui bahwa terdapat beberapa makanan pantangan bagi penderita asam lambung. Berikut daftar makanan yang menjadi pantangan yang harus dihindari:

  1. Makanan yang mengandung banyak gas sangat menjadi pantangan bagi penderita asam lambung. Contohnya seperti sawi, brokoli, kubis, kecambah, susu, kol dan kacang-kacangan.
  2. Makanan yang sulit dicerna yang dapat memperlambat pengosongan lambung. Misalnya daging merah, beras ketan, talas, dodol, nasi, jagung, roti putih, pasta dan mie.
  3. Makanan yang memiliki rasa yang pedas akan membuat iritasi pada lambung. Makanan pedas juga bisa membuat penderita asam lambung merasa tidak nyaman. Makanan yang pedas bisa berasal dari cabai dan juga sambal, saos cabai, saos tomat, saos panas dan makanan yang mengandung merica berlebih.
  4. Minuman bersoda dapat menyebabkan perut buncit sehingga meningkatkan tekanan pada otot sfingter kerongkongan dan menaikkan asam lambung.
  5. Tidak hanya minuman bersoda, minuman beralkohol beresiko melemaskan otot stingfer esofagus sehingga asam lambung dapat naik. Apalagi jika sering menjadi penutup makanan utama, seperti wine, bir dan koktail.
  6. Buah dengan jenis tertentu tidak boleh dikonsumsi bagi penderita asam lambung karena mengandung keasaman yang tinggi, misalnya belimbing wuluh, kedondong, nanas, belimbing dan mangga muda.
  7. Adapun makanan yang difermentasikan juga menjadi pantangan bagi penderita asam lambung, yaitu tape singkong, tape ketan, manisan buah dan manisan sayur.
  8. Makanan berminyak dan berlemak juga akan sangat mudah mengiritasi lambung, diantaranya gorengan, jeroan hewan dan sayur tumis.
  9. Pepermint memang baik utnuk dikonsumsi setelah makan fungsinya mengurangi bau napas tidak sedap, tetapi produk ini beresiko memicu naiknya asam lambung mengalir ke kerongkongan.
  10. Sama halnya dengan peppermint, cokelat beresiko melepaskan asam lambung ke kerongkongan.
  11. Jenis bawang seperti bawang putih dan bawang bombay juga akan merasa tidak nyaman saat yang mengkonsumsinya penderita asam lambung.
  12. Sebagian orang meraskan asam lambung naik setiap mengkonsumsi kopi, soda dan teh. Karena merasa ketidaknyamanan ketika mengkonsumsi minuman-minuman ini dalam jumlah yang banyak.
  13. Ada juga berbagai jenis kue yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung, contohnya kue cokelat, kue tar dengan banyak krim didalamnya, kue keju dan kue pisang.
  14. Makanan yang bersumber karbohidrat akan membuat lambung cepat terisi dan lambung terlambat mengosongkan isinya. Jauhilah makanan bersumber karbohidrat tinggi, diantaranya nasi, jagung, roti putih dan mie.
  15. Minuman bernergi akan sangat berbahaya karena akan menjadi pemicu naiknya asam lambung secara drastis.
  16. Minuman dalam kaleng bisa dipastikan hampir semuanya memiliki pengawet dan pemanis bahkan pewarna buatan. Maka sangat tidak baik untuk penderita asam lambung.
  17. Makanan yang mengandung cuka juga secara langsung dapat merusak dinding lambung.
  18. Selain makanan dan minuman, merokok juga sebagai pantangan bagi penderita asam lambung.

Nah, dari makanan dan minuman yang saya sebutkan tadi, alangkah baiknya jika Anda memperhatikan kebiasaan-kebiasaan lainnya yang dapat memicu naiknya asam lambung:

  1. Hindari berbaring setelah makan.
  2. Hindari berolahraga atau beraktivitas berat tepat setelah makan. Tunggu hingga setidaknya 3-5 jam kemudian.
  3. Hindari merokok karena memperburuk nyeri ulu hati.
  4. Begitu pula dengan minuman keras yang sebaiknya dihindari atau dikurangi.
  5. Hindari makan dalam jumlah yang banyak dalam sekali makan.
  6. Kunyah makanan Anda secara perlahan-lahan dan menyeluruh untuk memudahkan lambung mencernanya, karena makan terburu-buru cenderung membuat Anda makan terlalu banyak.
  7. Jaga berat badan agar tetap ideal.
  8. Naikkan kepala setidaknya 20cm dengan menempatkan bantal di dbawah kepala.

Itulah beberapa makanan dan minuman pantangan bagi penderita asam lambung yang perlu dihindari, agar asam lambung yang Anda rasakan tidak mudah kambuh dengan melakukan pantangan dari daftar makanan diatas.

Leave a Reply