Macam – Macam Gangguan Pencernaan Pada Tubuh Manusia

By | April 20, 2017

Gangguan pencernaan merupakan penyakit atau masalah yang mengganggu kesehatan dan mempengaruhi babarapa organ pencernaan pada tubuh manusia. Sistem pencernaan pada tubuh manusia berperan sebagai organ untuk mencerna dan menyerap nutrisi dari makanan yang masuk kedalam tubuh, yang selanjutnya di salurkan ke seluruh tubuh melalui darah. Salain itu, sistem pencernaan juga berfungsi untuk membuang sisa makanan yang telah dicerna dengan cara buang air besar.

Macam – Macam Gangguan Pencernaan Pada Tubuh Manusia

Macam - Macam Gangguan Pencernaan Pada Tubuh Manusia

Sistem saluran pencernaan manusia meliputi mulut sampai ke anus. urutannya adalah mulut, kerongkongan, lambung, usus kecil, usus besar, rektum dan anus. Sedangkan organ seperti pankreas, kandung empedu dan hati merupakan penunjang sistem pencernaan.

Baca Juga : Perbedaan Mual Karena Hamil dan Asam Lambung atau Maag

Sietem pencernaan manusia juga bisa mengalami masalah atau gangguan spseri terserang penyakit ataupun gangguan lainnya. Ada banyak gangguan yang dapat menimbulkan masalah pada sistem pencernaan. Namun hanya beberapa yang sering dialami oleh kebanyakan orang.

Berikut ini beberapa gangguan yang dapat terjadi pada sistem pencernaan maunisia, diantaranya:

  1. Maag dan Asam Lambung
    Penyakit maag dan asam lambung merupakan masalah pencernaan yang sering dialami oleh kebanyakan orang. penyakit tersebut merupakan masalah pencernaan yang barada pada organ lambung. Terjadi karena adanya masalah pada lambung. Gangguan ini dapat diatasi dengan obat herbal asam lambung dan maag.
  2. Keracunan Makanan
    Keracunan makanan merupakan kondisi dimana seseorang mengalami mual, muntah, kehilangan nafsu makan, nyeri perut, diare, demam, nyeri otot, lemas yang diakibatkan karena mengkonsumsi makanan yang terdapat bakteri salmonela dan E coli di dalamnya.
  3. Penyakit Batu Empedu
    Penyakit batu empedu disebabkan karena penyumbatan serta peradangan yang terjadi karena adanya pengkristalan kolesterol. Batu yang terbentuk dapat menyumbat saluran empedu dan menimbulkan gejala sakit perut yang luar biasa.
  4. Penyakit Usus Buntu
    Penyakit usus buntu merupakan peradangan serta pembengkakan yang terjadi di dalam usus buntu. Penyebab penyakit ini belum diketehui secara pasti, namun ada yang menyebutkan bahwa usus buntuk disebabkan oleh penyumbatan di saluran usus buntu oleh kotoran atau pembengkakan kelenjar getah bening pada usus.
  5. Wasir
    Penyakit wasir merupakan pembengkakan atau penebalan pembuluh darah disekitar anus. Penyebab wasir belum diketahui secara jelas, namun ada beberapa faktor yang dapt meningkatkan wasir. Diantaranya kurang mengkonsumsi serat, mengejan berlebih saat buang air besar dan sembelit berkepanjangan, mempunyai riwayat keluarga terkena wasir, berusia di atas 45 tahun dan obesitas.

Baca Juga : Tanda dan Gejala Kanker Lambung

Berbagai gangguan pencernaan dapat dicegah dengan pola makan teratur dan mengkonsumsi makanan sehat bernutisi. Menghindari kebiasaan buruk seperti mengkonsumsi alkohol dan merokok juga dapat mencegah gangguan pencernaan. Rutinlah berolahraga untuk menjaga kebugaran tubuh dan memperlancar metabolisme tubuh guna meningkatkan kerja sistem pencernaan.

Untuk mengatasi gangguan pencernaan, Anda bisa atasi dengan obat herbal QnC Jelly Gamat. Info lengkap mengenai obat herbal ini dapat dilihat DISINI.

Leave a Reply