Dampak Buruk Alkohol

By | September 8, 2015

Minuman yang mengandung alkohol sebenarnya memberikan dampak negatif terhadap tubuh, tetapi bagi sebagian orang terutama di indonesia, minuman beralkohol ini rutin di konsumsi. Bahkan setiap malam, tentunya menjadi sebuah minuman yang biasa di konsumsi setiap harinya. Minuman beralkohol ini sudah menjadi salah satu minuman pelengkap gaya hidup sebagian orang di indonesia. Namun tanpa disadari, ternyata memberikan banyak sekali dampak buruk terhadap kesehatan termasuk lambung.

Kerusakan Lambung Akibat Minuman Beralkohol

Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol dapat mengiritasi dan mengikis mukosa pada dinding lambung dan membuat dinding lambung lebih rentan terhadap asam lambung walaupun pada kondisi normal. alkohol membuat luka iritasi lambung terjadi lebih cepat.

Yang harus Anda ketahui juga, Lambung adalah sebuah kantung otot yang kosong, terletak pada bagian kiri atas perut tepat dibawah tulang iga. Lambung orang dewasa mempunyai panjang berkisar antara 10 inchi dan dapat mengembang untuk menampung makanan atau minuman sebanyak 1 gallon. Bila lambung dalam keadaan kosong, maka ia akan melipat, mirip seperti sebuah akordion. Ketika lambung mulai terisi dan mengembang, lipatan – lipatan tersebut secara bertahap membuka.

Lambung memproses dan menyimpan makanan dan secara bertahap melepaskannya ke dalam usus kecil. Ketika makanan masuk ke dalam esophagus, sebuah cincin otot yang berada pada sambungan antara esophagus dan lambung (esophageal sphincter) akan membuka dan membiarkan makanan masuk ke lambung. Setelah masuk ke lambung cincin ini menutup. Dinding lambung terdiri dari lapisan lapisan otot yang kuat.

Ketika makanan berada di lambung, dinding lambung akan mulai menghancurkan makanan tersebut. Pada saat yang sama, kelenjar – kelenjar yang berada di mukosa pada dinding lambung mulai mengeluarkan cairan lambung (termasuk enzim – enzim dan asam lambung) untuk lebih menghancurkan makanan tersebut.

Minuman berakohol secara psikologis dapat mempengaruhi kesadaran seseorang karena alkohol sangat mempengaruhi sistem saraf pusat. Kesadaran, kewaspadaan dan orientasi seseorang cenderung turun. Hal tersebut menimbulkan masalah tersendiri seperti masalah sosial, kriminalitas bahkan kecelakaan lalu lintas. Alkohol dapat menimbulkan ketagihan baik secara psikologis maupun fisik.

Jika anda seorang pecandu minuman beralkohol, segeralah hentikan aktivitas anda mengonsumsi minuman jenis ini. Masih banyak minuman yang menyehatkan, seperti jus buah atau air putih yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Mencegah lebih baik daripada mengobati, ingatlah anda sendiri yang menentukan makanan apa saja yang bisa anda konsumsi. Pilihlah makanan dan minuman yang menyehatkan, salam sehat!

Leave a Reply