Cara Mengatasi Gangguan Asam Lambung pada Ibu Hamil

By | September 9, 2016

Obat Asam Lambung – Penyakit asam lambung memang dapat menyerang siapa saja. Mulai dari anak kecil, remaja, dewasa, orang tua hingga ibu hamil sekalipun dapat mengalami penyakit tersebut.

Cara Mengatasi Gangguan Asam Lambung pada Ibu Hamil

Cara Mengatasi Gangguan Asam Lambung pada Ibu Hamil serta Pencegahannya

Pertumbuhan janin selama trimester kedua dan ketiga juga dapat membuat asam lambung terdorong ke kerongkongan. Beberapa hal ini membuat ibu hamil lebih rentan terkena penyakit asam lambung. Sebenarnya, asam lambung sendiri bermanfaat bagi tubuh. Asam lambung berfungsi sebagai pembunuh bakteri yang dibawa masuk bersama makanan dan menstabilkan zat gula. Tetapi, produksi asam lambung yang berlebihan justru tidak baik.

Mereka yang menderita penyakit asam lambung biasanya akan merasakan rasa tidak nyaman seperti nyeri dan terbakar di bagian perut, ulu hati hingga dada serta rasa asam pada mulut. Bahkan, penyakit asam lambung kronis dapat membuat penderitanya mengalami feses berdarah, batuk kering, sakit tenggorokan hingga beran badan yang turun tanpa asalan yang jelas.

Apa yang terjadi jika kondisi ini terjadi pada ibu hamil? Selama hamil, gangguan asam lambung seperti maag bisa tambah parah. Maka sakit maag ini harus dikontrol dulu sebelum hamil. Kalau sudah hamil, baru makan teratur, tidur teratur, cukup istirahat dan makan teratur itu sangat mempengaruhi akan sangat baik terhadap maagnya juga. Nah, berikut ada beberapa tips dan cara mengatasi gangguan asam lambung pada ibu hamil:

  1. Malam sebelum tidur minum susu terlebih dahulu. Caranya diminum langsung sebelum tidur, susu yang dipilih jenisnya boleh apa saja. Minum susu sebelum tidur ini akan membantu menetralkan asam lambung yang diproduksi pada saat kita tidur.
  2. Bangun tidur pagi hari minum dahulu segelas air hangat. Kalau kita langsung makan-makanan berat seperti nasi di pagi hari, ini akan memicu produksi asam lambung akan semakin meningkat. Cara cara mengobati maag saat hamil ini akan membantu menetralkan asam lambung.
  3. Menjauhi semua makanan atau penyebab terjadinya gangguan asam lambung, seperti makan-makanan yang berlemak, makanan asam, pedas, berbumbu tajam, atau minuman yang memiliki kafein terlalu tinggi atau bersoda. Dengan menghindari semua makanan yang menyebabkan resiko penyakit ini, maka maag juga akan mudah diminimalisir.
  4. Mengkonsumsi jenis makan-makanan apapun dengan porsi yang sedikit akan tetapi sering memakannya. Ini ditujukan agar ibu hamil perutnya tidak kosong sehingga lambung bisa dinetralisis dengan normal. Ibu hamil bisa makan 5 hingga 6 kali sehari, tapi dengan porsi yang sedikit. Aturan makan seperti ini akan lebih dianjurkan ketimbang dengan makan 3 kali sehari tetapi dengan porsi yang banyak.
  5. Kebiasaan seperti tidur setelah makan, entah itu hanya berbaring atau apalah ini akan membuat tidak baik pada posisi ibu yang hamil. Pastinya setelah makan kenyang, akan lebih enak dan gampang jika kita tertidur, namun ini juga bukan kebiasaan yang baik terutama ibu hamil. Untuk itu, anda sebaiknya memberikan jeda 3 atau 2 jam setelah makan, lalu baru anda bisa tidur.
  6. Jangan makan dengan terburu-buru. Perihal ini jangan dibiasakan, apalagi saat anda masih hamil, karena ini mengganggu dan mempersulit sistem pencernaan Anda khususnya ibu hamil.
  7. Jika ibu hamil sering menggunakan baju ketat, ini malah akan memberi tekanan pada si jabang bayi yang ada didalam perut. Dan akibatnya ibu hamil akan sering mengalami kesakitan.
  8. Ibu hamil yang sering mengalami maag bisa melakukan cara untuk meringankannya dengan mengunyah permen karet. Ini karena rasa dan permen karetnya mampu meningkatkan produksi air liur, serta mampu menetralkan asam lambung yang ada di kerongkongan.
  9. Saat ibu hamil mengalami gangguan asam lambung, maka ibu hamil harus segera berbaring dengan posisi dada dan kepala lebih tinggi dari pada perut. Ini ditujukan supaya dapat mencegah akan naiknya asam lambung yang akan menuju kearah kerongkongan.
  10. Terkadang saat keluhan gangguan asam lambung yang cukup parah melanda, ibu hamil akan merasakan sakit yang sedikit lebih kuat. Saat kondisi ini terjadi, ibu hamil dapat mengkonsumsi obat maag yang dapat menetralkan asam lambung. Namun, meski demikian, ibu hamil perlu terlebih dahulu mengkonsultasikannya ke dokter apakah mengkonsumsi obat maag saat kehamilan diperbolehkan.
  11. Hindari stres ketika sedang hamil, ketika anda mengalami tekanan psikis maupun fisik selama kehamilan maka dapat memicu produksi asam lambung. Ada baiknya anda menikmati masa kehamilan disertai dengan dukungan.

Itulah beberapa tips mengatasi gangguan asam lambung pada ibu hamil. Dengan adanya artikel ini, semoga ibu hamil bisa mengatasi saat maag tersebut kambuh atau datang. Jauhi juga makanan dan minuman yang memiliki rasa asam berlebih seperti minum kopi dan minuman bersoda. Pola makan yang seimbang dan gaya hidup sehat selama masa kehamilan juga harus Anda jaga. Selain itu, mungkin Anda juga pernah mengalami bahkan sering mengalami sakit perut ketika sesudah makan. Ingin tahu penyebabnya? Cek artikelnya di: Penyebab Sakit Perut Setelah Makan

Leave a Reply