Bahaya Penyakit Maag dan Asam Lambung Bisa Menyebabkan Kematian

By | January 30, 2017

Penyakit maag dan asam lambung tinggi sering dialami oleh sebagian besar penduduk di Indonesia. Penyakit maag dan asam lambung sering dianggap penyakit yang sama, tetapi kedua penyakit tersebut berbeda dan tidak bisa dianggap sepele karena dapat mengakibatkan penyakit yang serius bahkan berujung pada kematian.

Kedua penyakit ini sering dianggap sepele dan dibiarkan berlarut-larut tanpa ditangani, padahal kedua penyakit ini jika dibiarkan tanpa diobati akan berdapak serius untuk kesehatan dan dapat menimbulkan berbagai penyakit lainnya. Sedah banyak kasus kematian akibat kedua penyakit ini terutama penyakit asam lambung tinggi.

Bahaya Penyakit Maag dan Asam Lambung Bisa Berujung Kematian

Penyakit Maag

Penyakit maag atau indigestion merupakan peradangan mukosa atau lapisan kulit dalam lambung yang disebabkan oleh banyak faktor. Beberapa faktor tersebut ialah stres, luka pada dinding atau tukak lambung dan bakteri helicobacter pylori. Gejala penyakit maag yang sering muncul biasanya kembung, mual, muntah, sendawa berlebihan dan sakit pada bagian ulu hati.

Penyakit maag dapat menyebabkan komplikasi seperti penyempitan kerongkongan hingga sulit menelan, esofagus barret, atau terpapar asam lambung pada kerongkongan, hingga bocornya asam lambung ke usus halus. Jika terserang penyakit maag, penanganan secara mandiri padat dilakukan dengan beberapa obat seperti antasida, alginat, antibiotik dan antidepresan. Tetapi, perlu pemeriksaan lebih lanjut jika gejala sampai pada tahap muntah, kehilangan berat badan, hingga sulit menelan.

Baca Juga : Bahaya Asam Lambung Tinggi Bagi Kesehatan

Bahaya Asam Lambung Tinggi

Berbeda dengan penyakit maag, penyakit asam lambung atau gastreostophageal reflux adalah kondisi naiknya asam lambung menuju kerongkongan. Penderita penyakit ini akan merasakan pahit yang muncul di kerongkongan dan menimbulkan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada. Gejala penyakit ini juga sering dianggap sebagai serangan jantung.

Penyakit asam lambung muncul karena tidak berfungsinya katup yang berada di ujung lambung.  Katup yang bernama lower esophageal sphincer (LES) ini berfungsi sebagai pintu otomatis saat makanan atau minuman lewat dan tertutup guna mencegah asam lambung dan makanan yang dicerna naik ke kerongkongan. Longgarnya katup ini bisa menyebabkan kebocoran asam lambung dan mengakibatkan gejala karena asam pencernaan itu bersifat korosif sehingga memungkinkan dinding saluran pencernaan terkikis dan mengalami peradangan.

Baca Juga : Obat Asam Lambung Tinggi

Penyakit asam lambung sebenarnya tidak langsung menyebabkan kematian, tetapi bisa menyebabkan komplikasi organ lain dan bisa berujung ke serangan jantung, stroke, pendarahan, dan infeksi. Penyakit asam lambung juga diketahui dapat memicu kanker esofagus bila tidak mendapatkan penanganan serius dan segera.

Ada beberapa cara menjaga diri agar tidak terkena penyakit ini, seperti menjaga berat badan, hindari obesitas, jaga pola makan, hindari makanan berlemakdan yang dapat memicu asam lambung.

Baca Juga : Makanan dan Minuman Pantangan Asam Lambung

Beberapa makanan dan minuman yang dapat memicu asal lambung adalah alkohol, kafein, cokelat, buah jeruk dan makanan berbau tajam. Selain itu, merokok juga dapat memicu naiknya asam lambung.

Agar terhindar dari bahaya penyakit maag dan asam lambung terutama bahaya komplikasi penyakit bahkan kematian, sebaiknya mencegah kedua penyakit ini muncul dengan cara memperbaiki pola makan dan menghindari makanan yang dapat memicu kedua penyakit tersebut dan juga rubah pola hidup yang tidak sehat. Mencegah lebih baik dari pada mengobati, Cegahlah kedua penyakit ini agar terhindar dari komplikasi dan kematian. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply